Tips Kaya Lewat Investasi Properti - Citra Indah City - Timur Cibubur | Rumah Murah mulai 200 jtan | Ciputra Grup

Tips Kaya Lewat Investasi Properti

Tips-investasi-properti-jual-beli-sewa


RumahCom – Bisnis properti memerlukan pengetahuan dan strategi tersendiri. Pasalnya, properti merupakan investasi jangka panjang yang memerlukan kelihaian dalam menentukan lokasi, waktu, dan pembiayaan yang tepat.
Memiliki modal kapital saja tak cukup untuk berinvestasi properti. Tanpa pengetahuan dan strategi yang mumpuni, bisa jadi justru Anda merugi—dan hal ini telah dialami banyak orang.
Terlalu mendengar janji manis pengembang akan indahnya capital gain tak jarang dapat membuat Anda ‘mabuk’ dan tak banyak berfikir saat membeli properti. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, agar Anda sukses berinvestasi properti dan memeroleh kekayaan dari bisnis tersebut:

Jangan Terburu-buru
Sebelum memulai investasi, sangat penting untuk membuat pertimbangan. Perlu diingat, properti adalah investasi jangka panjang. Jika Anda ingin mendapatkan laba dari bisnis ini, jangan pernah berfikir untuk menjualnya dengan terpaksa.
Banyak investor melakukan pembelian setelah mendengarkan iming-iming dari pengembang—tanpa menghitung untung-rugi. Mereka harusnya mencari opini kedua—seperti dari agen properti setempat—untuk mendapat gambaran investasi properti di kawasan tersebut, sebelum berinvestasi.

Jangan Letakkan Telur dalam Satu Keranjang
Konsep ini sebenarnya berlaku umum dalam berbisnis. Berinvestasi properti yang beragam dapat mencegah Anda menghadapi kesulitan keuangan saat laju investasi properti Anda mengalami penurunan.
Diversifikasi investasi properti dapat dilakukan dengan membeli properti di kawasan berbeda atau jenis properti yang berbeda, misalnya rumah, ruko, apartemen, dan lain-lain.
Lantaran properti bersifat lokal (localized), maka pertumbuhan nilai investasi pun berbeda-beda. Begitu pula jenis investasi properti yang berbeda pertumbuhan investasinya—terutama jika dilihat dari “jam investasi properti”.

Memberi Nilai Tambah
Salah satu cara terbaik untuk memeroleh untung dari properti adalah memberi nilai tambah (added value) dari properti tersebut. Properti yang tampak tak menarik bahkan bisa memberikan keuntungan jika diberi nilai tambah.
Misalnya, Anda dapat membangun warung untuk rumah yang disewakan. Hal ini tentu mendatangkan nilai sewa lebih daripada sekadar menyewakan rumah.

Menguasai Pasar Lokal
Hal ini terdengar mudah, namun ketika membeli properti yang jaraknya sangat jauh, ceritanya bisa berbeda. Pasalnya, setiap pasar atau kawasan memiliki karakteristik, regulasi, fasilitas pendukung, dan infrastruktur tersendiri yang berbeda dengan kawasan lain.
Untuk mengetahui seluk-beluk pasar properti setempat, Anda dapat menanyakan kepada agen properti yang beroperasi di kawasan tersebut. Tanyakan lokasi mana dan jenis properti apa yang paling potensial, serta berapa harga pasar yang tepat untuk properti tersebut.

Anda Bisa Mulai Dari Rumah
Jika Anda mendekati usia pensiun dan tinggal di rumah yang terlalu besar, Anda dapat mempertimbangkan untuk memecah rumahtersebut menjadi dua atau tiga rumah sewa.
Anda dapat tinggal di salah satu rumah pecahan tersebut, sekaligus mengelola rumah sewa. Hal ini sangat mungkin dilakukan, terutama bila Anda tak memiliki income lain.

Cari Mitra Profesional Terpercaya
Jika Anda investor baru dan tak berpengalaman, ada baiknya Anda menggandeng partner profesional untuk membangun portofolio properti Anda. Pilihlah mitra yang tepat dan dapat Anda percaya, dengan keahlian di bidangnya masing-masing.
Mendapatkan mitra investor, kontraktor, pengacara, dan akuntan yang baik dan terpercaya tidak hanya dapat memaksimalkan keuntungan Anda, tetapi juga akan memberi ketenangan dan kenyamanan selama proses pembangunan properti yang sangat kompleks.

Jual Rumah Menambah Modal
Jika Anda berpikir untuk menjual rumah Anda untuk menambah modal dan memulai portofolio properti Anda, pertimbangkan untuk membuat nilai tambah dengan beberapa perbaikan. Menurut survei Zoopla, penambahan ruang di rumah Anda dapat meningkatkan nilai properti 20%.

Manfaatkan Suku Bunga KPR Rendah
Bunga KPR rendah memungkinkan Anda untuk mengembangkan portofolio properti dengan cepat. Sebagai contoh, dengan investasi awal sebesar Rp200 juta, Anda dapat meningkatkan portofolio properti menjadi Rp1 miliar.
Bagaimana caranya? Lakukan strategi pembelian beberapa properti di saat yang hampir bersamaan—tentu properti harus berada di kawasan yang prospektif. Misalnya, Anda membeli delapan properti senilai Rp100 juta dengan uang muka (DP) masing-masing Rp25 juta.

Survei Yield yang Dapat Diperoleh
Yield dari hasil menyewakan properti berbeda di setiap kawasan dan setiap jenis properti. Banyak agen propertiyang menjanjikan yield yang besar untuk properti yang mereka pasarkan.
Namun sebaiknya Anda tak segera memercayainya. Akan lebih baik jika Anda melakukan survei untuk mendapatkan masukan yang benar-benar independen.
Sebagai patokan, yield rata-rata di kawasan Jabodetabek—dengan syarat kondisi normal, tak ada gejolak politik maupun ekonomi—untuk tanah 2% – 5% per tahun, rumah (2% -5%), kondominium (6% – 10%), ruko (2% – 4%), perkantoran strata title (6% – 10%), dan pergudangan (2% -5%).

Di ambil dari : http://www.rumah.com/berita-properti/2015/8/104117/tips-kaya-lewat-investasi-properti

Dapatkan berita atau promo terkini dari kami di Sosial Media. Klik gambar dibawah ini dan like/follow kami. Terima kasih